Kota Kelahiran

Posted: July 6, 2010 in Informasi

Gunung SemeruLUMAJANG merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Lumajang berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo (batas utara), Kabupaten Jember (batas timur), Samudra Hindia/Laut Selatan (batas selatan) dan Kabupaten Malang (batas barat).

Lumajang mempunyai gunung tertinggi di pulau Jawa, yaitu Gunung Semeru (3.676 m). Gunung Semeru sering digunakan untuk pendakian oleh masyarakat umum terutama para pendaki dan pecinta alam. Gunung Semeru mempunyai panorama yang sangat indah, dengan puncak Mahameru yang sangat menakjubkan.

Lumajang memiliki motto ATIB BERSERI (Aman, Tertib, Bersih, Sehat, Indah dan Asri). Pisang Agung sebagai produk unggulan kota kecil ini. Sudah 7 tahun saya meninggalkan kota kelahiran semenjak lulus dari SMA tahun 2003. Sekarang terbesit niat untuk kembali, terutama untuk mengembangkan Information Technology (Sistem Informasi) di sana. Konsep sudah ada di benak saya dan beberapa aplikasi pendukung pun sudah jadi untuk didemokan. Permasalahannya sekarang adalah apakah Pemerintahan Daerah nantinya merespon positif atau hanya angin lalu saja?? Wallahualam. Tetapi kalau tidak dicoba dari sekarang, kita tidak akan pernah tahu apa tanggapan mereka.

Awal ide ini bermula ketika saya masih bekerja di Pemkot salah satu kota terbesar di Jawa Timur. Pengalaman non teknis pun saya dapatkan, yaitu bagaimana mengubah paradigma berpikir orang ke arah komputerisasi. Pada saat itu saya masih belum berani untuk menerapkan di Pemda Lumajang karena saya masih mencari aplikasi yang tepat untuk dikembangkan di sana. Akhirnya saya pun hengkang di Ibukota Jakarta, tepatnya bekerja di salah satu Maskapai Penerbangan sebagai IT Programmer. Di sana saya mengenal sebuah framework yang bagus dan mudah dipelajari, namanya CodeIgniter. Perlahan-lahan saya perdalam agar bisa segera menguasainya. Dari situ terlintas di pikiran untuk membuat aplikasi untuk Kota Kelahiran menggunakan CodeIgniter yang akan saya kolaborasikan dengan JQuery dan Extjs. Satu per satu konsep saya buat dengan memperhatikan saran dan ide dari teman-teman. Satu per satu aplikasi saya buat di sela kesibukan kerja, terutama malam hari sepulang kerja atau Sabtu-Minggu.

Memang lelah dan capek, tetapi saya tidak boleh menyerah dan berhenti sampai di sini. Saya harus bisa mewujudkan mimpi meski jalan yang dilalui terjal. Terinspirasi dari film Sang Pemimpi juga yang menyatakan bahwa “semua berawal dari mimpi“. Kita bisa mewujudkan mimpi tersebut asal ada niat, usaha dan doa. Terinspirasi dari sifat burung, yaitu “terbang bebas kemana saja tetapi akan kembali ke sarangnya lagi“. Terinspirasi juga dari tokoh terkenal B. J. Habibie yang tidak pernah melupakan Indonesia meskipun sudah lama di Jerman. Meski pengalaman yang saya miliki masih belum mumpuni 100%, tetapi saya yakin bisa memberikan manfaat untuk Lumajang. Mungkin keputusan yang saya ambil ini membuat beberapa pihak kurang setuju, baik orang tua maupun teman-teman. Tetapi saya sudah memikirkan masak-masak untung dan ruginya. Jika dihitung secara materi, saat ini saya akan rugi banyak karena tidak memperpanjang kontrak kerja dan harus meninggalkan karir. Jika dihitung secara manfaat, saya akan untung besar karena aplikasi ini dapat mempermudah dan meringankan kerja seseorang. Semua pasti ada resikonya dan setiap hidup yang dijalani adalah pilihan. Awalnya mungkin sulit karena di sana saya tidak memiliki channel orang pemerintahan. Tetapi saya yakin bahwa Allah akan menolong hamba yang mau berusaha dan berdoa.

Sesungguhnya setiap perbuatan itu tergantung dari niatnya

Sesungguhnya, bersama kesulitan ada kemudahan (Al Insyiroh ayat  5-6)

Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka (Ar-Ra’du ayat 11)

Saya hanya memohon doa dari teman-teman agar konsep ini bisa segera terealisasi dengan baik sehingga dapat memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat Lumajang. Saya juga berharap partisipasi dari teman-teman berupa ide, kritik, saran dan sanggahan yang membangun.

Comments
  1. djiebrats says:

    Insya allah jalan kemudahan akan senantiasa menyertaimu mas… sebuah pemikiran positif yang datang dari warga kota akan lebih mudah untuk diterima karena tidak perlu menembus batasan budaya.

    banyak yang akan membantumu.

  2. aldo says:

    salut gan. mou buat aplikasi apa ne buat Lumajang?? semacam facebook kah hehe. Moga sukses gan

  3. anakasemeru says:

    sukses kang…smoga segera terealisasi untuk kemajuan Lumajang! amin!

  4. mama iin says:

    salam kenal dari kami warga Lumajang
    jangan lupa kunjungi kami
    blog berperingkat 3 besar di TOP BEST SITE,TOP INDONESIA,
    dan TOP SERATUS
    karya wanita LUMAJANG LHOOOO
    di sini

Leave a Reply

